Minat Bakat

Usia Taman kanak-kanak disebut jugaS usia Golden Age dimana usia ini adalah usia terpenting dalam kehidupan selanjutnya. Pengalaman dimasa kecil akan senantiasa lekat dan menjadi bekal dikala anak sudah dewasa. Salah satu program untuk mengembangkan minat dan bakat anak-anak adalah mengemas dan menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler diantaranya: Futsal, Seni tari, Menggambar, Taekwondo, Hafidz qur`an

1. FUTSAL


Kegiatan klub minat bakat futsal ini kegiatan yang sangat di gemari oleh siswa laki-laki. Minat bakat futsal ini dilaksanakan untuk mengembangkan kemampuan motorik kasar anak. Di kegiatan futsal ini anak dikenalkan dengan tekhnik drible (membawa bola), Shoting (menembak bola), dan Passing (mengumpan bola)

2. SENI TARI


Kegiatan klub minat dan bakat tari dilaksanakan untuk melatih kemampuan fisik (motorik kasar dan motorik halus), kognitif, hingga emosi dan sosial anak. Klub minat dan bakat tari ini dibagi menjadi 2 kegiatan :

Mengenalkan kepada anak tentang tarian-tarian daerah yang ada di Indonesia./p>

Menumbuhkan rasa percaya diri anak, meningkatkan kreativitas anak saat menciptakan gerakan tarian baru

  1. TARI DAERAH
  2. TARI KREASI BARU

3. MENGGAMBAR


Klub Minat dan Bakat menggambar ini dibagi menjadi 2 kelas sesuai dengan tingkat usia (kelompok A dan B). Di kegiatan minat dan bakat ini, anak dilatih untuk berkreasi mewarnai gambar dengan variasi warna. Selain mengembangkan kemampuan motorik halus anak, rasa percaya diri anak pun terpantik saat menuangkan warna-warna pada sebuah gambar.

4. TAEKWONDO


Klub minat dan bakat taekwondo ini merupakan salah satu kegiatan yang diminati siswa siswi. Selain untuk menjaga fisik tetap prima, taekwondo pun sangat baik untuk perkembangan otak, dikarenakan olahraga ini memiliki perpaduan yang sinergis antara ketahanan, keseimbangan, kecepatan, kelincahan, dan konsentrasi tinggi dalam gerakan-gerakannya.

5. TAHFIDZ QUR`AN


Klub minat dan bakat hafidz qur`an dilaksanakan untuk memberikan kesempatan kepada siswa siswi yang mempunyai kemampuan dalam menghafal ayat-ayat al-qur`an, dan menumbuhkan rasa mencintai dan menyenangi Al-qur`an, baik dalam membaca ataupun mendengarkannya.

 

6. ENGLISH CLUB


Untuk peserta didik yang mengikuti program minat bakat bahasa Inggris “English Club” dapat masuk ke kelas sesuai levelnya (TK A atau TK B). Dalam satu kelas kuota 10 anak dengan satu pelatih. Pelaksanaan pembelajaran di kelas multimedia menggunakan alat bahan berupa media komputer, LCD dan speaker untuk pembelajaran listening-speaking skills dengan kegiatan berupa menyanyi, menonton dan menyimak. Media flashcards, whiteboard dan spidol untuk pre-reading skills dengan kegiatan berupa memory games. Lembar kerja siswa untuk pre-writing skills dengan kegiatan berupa mencocokan gambar dengan tulisan. 


7. Lassy


Kegiatan lassy dilaksanakan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus, seperti :
  1. Melatih otot-otot tangan
  2. Melatih kelenturan otot-otot halus, melatih visual motorik, yaitu melatih koordinasi mata dan tangan,
  3. Meningkatkan imajinasi anak untuk menciptakan bentuk-bentuk permainan sendiri,
  4. Meningkatkan konsentrasi, meningkatkan kefahaman terhadap perintah,
  5. Mengembangkan visiomotor

 

 

Instagram Facebook Twitter Youtube
Copyright © 2017. TK ASSALAAM All rights reserved.