• Kurikulum


    Kurikulum

Kurikulum TK

Untuk memberikan yang terbaik TK Assalaam telah secara konsisten menerapkan prinsip High Quality Early Chilhood Education (Pendidikan Anak Usia Dini berkualitas) seperti yang dianjurkan The National Association For The Education Of Young Children.

Kurikulum TK Assalaam mengacu kepada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 137 dan nomor 146 Tahun 2014 tentang STANDAR PENDIDIKAN ANAK USIA DINI dengan pendekatan “Pembelajaran Holistik Berbasis Karakter” (character-based Integrated curriculum), yaitu pembelajaran terpadu yang “menyentuh” semua aspek kebutuhan anak. Sebuah kurikulum yang terkait, tidak terkotak-kotak dan dapat merefleksikan dimensi, keterampilan, dengan menampilkan tema-tema yang menarik dan kontekstual.

Adapun Prinsip-Prinsip terpenting yang menjadi dasar pendidikan TK Assalaam adalah sebagai berikut :

  • • Kurikulum sesuai perkembangan anak, bervariasi, dan seimbang
  • • Perbandingan guru-murid yang rendah
  • • Orang tua sebagai mitra
  • • Kualifikasi guru yang ahli dan berpengalaman
  • • Fasilitas yang menunjang proses belajar aktif interaktif antara guru dan murid

TUJUAN PENDIDIKAN

Kurikulum TK Assalaam dirancang dan diterapkan untuk mendorong anak belajar hal-hal baru dengan tujuan :

  • • Mengenal diri sendiri

          

  • • Mengembangkan keterampilan bersosialisasi

       

 

  • • Menstimulasi perkembangan bahasa termasuk literasi awal

        

  • • Mengembangkan pengetahuan lingkungan dan kemampuan memecahkan masalah

         

  • • Meningkatkan koordinasi motorik

         

  • • Menstimulasi kemampuan kreatif

          

  • • Menanamkan keimanan pada anak sejak dini

           

  • • Menanamkan akhlakul karimah/karakter pada anak

             

 

Dan dalam pembelajaran Agama, TK Assalaam menggunakan kurikulum Agama Khas Assalaam yaitu kurikulum agama yang telah dikembangkan mengacu pada kurikulum Departemen Agama. Dalam mencapai kompetensi yang diharapkan dapat dikuasai anak pada usianya, proses pembelajaran dirancang dalam tema-tema yang menarik dan kontekstual bagi anak. Proses pembelajaran juga menjadi semakin bermakna dan menyenangkan bagi anak dengan adanya sentra-sentra yang dapat membantu anak mengoptimalkan potensinya.

Setiap sentra mempunyai satu kegiatan khusus dan fokus bidang pengembangan tertentu, yang didampingi oleh 3 orang guru. Setiap hari murid-murid belajar di sentra-sentra dengan kelompok/kelasnya masing-masing. Murid dikelompokkan berdasarkan usia atau tingkat perkembangannya. Perputaran kelompok diatur sedemikian rupa sehingga setiap murid mendapat kesempatan untuk mengikuti beberapa kegiatan sentra. Sentra-sentra kegiatan yang akan dilaksanakan adalah sebagai berikut :

Sentra Umum :

  • 1. Imajinasi : mengembangkan kemampuan anak dalam ber- imajinasi,bersosialisasi dan berkomunikasi. Bermain peran juga dapat membentuk karakter anak, serta melatih anak untuk mengarang cerita sendiri.

            

  • 2. Rancang Bangun : melatih anak bekerja dengan balok untuk mengembangkan kecerdasan ruang, kreatifitas, imajinasi, konsep dasar matematika dan sains melalui eksperimen, eksplorasi dan kerja kelompok.

            

  • 3. Seni dan Kreasi : mengembangkan motorik halus, keterampilan, kreatifitas, inisiatif, motivasi dan estetika (keindahan).

            

 

  • 4. Eksplorasi : mempertajam panca indra, rasa ingin tahu, serta melatih keberanian berekpresi, bereksperimen dan ekplorasi dengan menggunakan berbagai warna tekstur, air, dan bahan alam lainnya. Selain itu juga mengantar anak untuk memahami konsep-konsep dasar sains.

            

  • 5. Persiapan : mengenalkan konsep berhitung, persiapan membaca dan menulis. Termasuk melatih konsentrasi dan berfikir logis. Termasuk melatih konsentrasi dan berfikir logis.

             

  • 6. Sentra Bahasa Inggris dan Komputer : Mengenalkan bahasa Inggris dasar mengenai diri sendiri dan lingkungan anak-anak dan mengenal perangkat komputer dan kegunaannya bagi kehidupan sehari-hari. Melatih anak untuk beraktifitas menggunakan komputer (melatih daya ingat, mengenal warna, ukuran, mengenal hewan, tumbuh-tumbuhan, mewarnai dan lain-lain.)

               

Sentra Agama meliputi:

  • 1. Do’a : mengenalkan anak pada do’a-do’a harian dan artinya (bahasa arab).

  • 2. BTHQ : mengenalkan anak pada baca tu’lis huruf hijaiyah.

  • 3. Alquran : mengenalkan anak pada surat-surat pendek dalam Al-Quran beserta artinya.

  • 4. Shalat & Wudhu : m.engenalkan anak pada praktek ibadah sholat dan wudhu

  • 5. Tauhid : mengenalkan anak tentang Allah, Rosul, keimanan dan keislaman

Penyampaian materi disajikan dalam bentuk cerita petualangan yang menarik serta wayang tokoh yang dapat memantik anak mempelajari hal baru disetiap harinya. Tema- tersebut adalah :

TK A

1. Menjelajah Istana Super Cling

Mengawali kegiatan bermain dan belajar pada bulan Juli, selama 7 minggu anak-anak TK A akan mengenal tentang sekolahku asyik, rumahku, dan aku anak Indonesia melalui tema “Menjelajah Istana Super Cling” bersama tokoh Jojo. Di sini anak-anak akan diceritakan pengalaman Jojo selama di sekolah sebagai anak yang mandiri. Selain itu, diceritakan juga kegiatan Jojo di rumah. Saat Jojo berulang tahun, Jojo mendapat hadiah game robot dari neneknya, Jojo menjadi lupa waktu dan malas membersihkan kamarnya. Hingga suatu malam, Jojo terbangun dan berada disebuah istana yang sangat bersih dan rapi. Istana yang super cling. Kira-kira apa yang akan terjadi dengan Jojo? Selain itu, ada kegiatan-kegiatan menyenangkan yang akan dilakukan anak-anak, seperti saat di sentra Rancang Bangun anak-anak diajak membuat replika kotak obat di sekolah dengan menggunakan balok-balok. Di sentra seni kreasi ada kegiatan membuat miniatur kursi dan tempat tidur Jojo dari barang bekas. Anak-anak pun akan diajak berkegiatan bermain alat tradisonal di sentra eksplorasi. Selain berkegiatan di sekolah, Anak-anak pun akan diajak berkegiatan di luar sekolah melalui outing class ke Komunitas Hong. Di sini anak-anak akan mengenal berbagai macam budaya Indonesia secara langsung, mulai dari makanan, senjata, alat music, dan permainan khas budaya Indonesia.

2. Petualangan Monster Kuman di Pulau Klin

Selanjutnya di bulan September sampai dengan Oktober, tepatnya selama 6 minggu, keceriaan anak-anak akan terus dilanjutkan dengan kegiatan bermain sambil mengenal diri sendiri yang diawali dari identitas diri, ciri-ciri seseorang, bagian tubuh, bagaimana menjaga kebersihan diri, dan tentang keluargaku. Materi akan disampaikan dengan tema “Petualangan Monster Kuman di Pulau Klin”, yang menceritakan tentang monster kuman dari pulau Koli pergi ke pulau bernama Klin. Di pulau Klin, monster kuman masuk ke dalam tubuh seorang anak bernama Piyo, Piyo adalah anak yang tidak menjaga kebersihan dirinya. Piyo mempunyai teman yang baik hati bernama Lulu. Apa yang terjadi ya dengan Piyo setelah monster kuman ada dalam tubuhnya? Dan bagaimana ya akhir ceritanya? Anak-anak akan dibuat penasaran dengan berbagai cerita yang disampaikan. Ada juga kegiatan-kegiatan yang tentunya akan membuat anak lebih bersemangat untuk bermain dan belajar di TK Assalaam, seperti kegiatan membuat gelas kesukaanku, anak-anak bukan hanya akan dikenalkan tentang minuman kesukaannya saja, tetapi juga akan diajak berkreasi menghias gelas kesukaannya di sentra seni kreasi. Ada pula kegiatan membuat miniatur rumah sakit untuk Piyo yang akan mengingatkan anak-anak untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan dirinya. Selanjutnya untuk menambah keseruan kegiatan bermain dan belajar di TK Assalaam akan dihadirkan seorang tamu istimewa (guess teacher) ke dalam kelas. Guess teacher yang dihadirkan ini merupakan orang tua murid di kelas yang akan membantu untuk menyampaikan materi secara utuh kepada anak-anak di kelas. ada juga program homeschooling dimana apabila biasanya anak-anak berkegiatan di sekolah, maka kali ini kegiatan anak-anak akan dilakukan di salah satu rumah temannya di kelas. Melalui kegiatan homeschooling ini anak-anak akan dikenalkan mengenai lingkungan sekitar rumah dan keluarga, materi yang disampaikan secara konkrit akan lebih menambah pengalaman anak dengan lebih baik lagi. Tentunya pergantian suasana ini akan membuat kegiatan pembelajaran lebih menyenangkan dan bermakna.

3. Kisah Moki yang Baik Hati

Di bulan Oktober, di minggu ke empat belas, saatnya anak-anak mengenal dan mengeksplor hal baru. Kali ini keceriaan anak-anak akan dilanjutkan dengan kegiatan bermain sambil mengenal binatang ternak yaitu sapi, kambing, dan ayam. Anak-anak akan dipantik tentang ciri-ciri, jenis, manfaat serta makanan binatang tersebut. Tema binatang kali ini akan dikemas dalam cerita petualangan berjudul “Kisah Moki yang baik hati”. Dalam cerita tersebut menceritakan persahabatan binatang di hutan Abaca. Di hutan tersebut terdapat seekor ikan bernama Loli yang mempunyai sahabat yaitu Moki seekor sapi, Bebo seekor kambing dan Koko seekor ayam. Pada suatu hari Loli bersedih, Moki yang melihat sahabatnya bersedih ingin membantunya. Ternyata Loli ingin sekali bisa berkeliling hutan Abaca tapi tidak bisa karena Loli harus tetap berada di dalam air. Moki yang baik hatipun mempunyai sebuah ide yang kreatif untuk menolong Loli. Wah apa yang terjadi dengan Loli dan Moki ya? Apakah Loli berhasil berkeliling hutan Abaca? Tentunya anak akan selalu dipantik rasa ingin tahu dan pengetahuannya melalui cerita-cerita yang asyik. Begitu pula dengan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan, seperti membuat aquarium untuk tokoh Loli di sentra seni kreasi agar Loli bisa berkeliling hutan Abaca, ada juga kegiatan membuat miniatur tempat tinggal tokoh Bebo (kambing) dan Moki (sapi) di sentra rancang bangun, juga kegiatan cooking class di sentra eksplorasi untuk membuat sup ayam. Selanjutnya, ada juga kegiatan outing class ke Jendela Alam, di sini anak-anak akan langsung mengenal berbagai hewan ternak, seperti tur kandang binatang ternak, memberi makan hewan ternak, dan memanen telur ayam arab. Menyenangkan, bukan?

4. Petualangan Bona di Ladang Komal

Keseruan akan kembali tiba di akhir bulan Oktober, anak-anak pun akan mengeksplor hal baru dengan kegiatan bermain sambil mengenal tentang tanaman, yaitu tanaman jagung. Anak-anak akan dipantik tentang ciri-ciri, bagian serta manfaat dari tanaman tersebut. Tema tanaman kali ini akan dikemas dalam cerita petualangan berjudul “Petualangan Bona di Ladang Komal”. Dalam cerita tersebut menceritakan seekor tikus yang bernama Bona. Bona berada di sebuah ladang jagung dan sawah. Pada suatu hari perut Bona terasa lapar, tapi Bona takut, setiap akan mengambil padi ataupun mengigit jagung, pastilah Komal mengusirnya. Bona sangat takut karena Komal memakai topi caping seperti caping yang digunakan oleh pa petani dan badannya selalu bergerak-gerak. Siapakah Komal sebenarnya? Apakah Bona akan tertangkap atau berhasil mengambil makanan? Cerita menarik lainnya pastinya sudah menunggu dengan berbagai kegiatan yang lebih menyenangkan lagi, seperti kegiatan cooking class membuat jagung susu keju (jasuke) di sentra eksplorasi, ada pula kegiatan membuat miniatur sawah di sentra rancang bangun, dan miniatur Komal si orang-orangan sawah di sentra seni kreasi. selain kegiatan-kegiatan tersebut, anak-anak juga akan ikut bertualang mengikuti kegiatan outing class ke Fresh Market Super Indo, di sini anak-anak akan langsung memilih dan membeli jagung, bermain games, dan kegiatan seru lainnya.

5. Petualangan Toki di Negeri Mota

Pada bulan Januari ini, anak-anak akan diajak untuk lebih mengenal tentang Kebutuhanku, yaitu mengenal tentang bahan pokok sumber energi kita yaitu nasi. Lalu anak-anak juga akan di sampaikan tentang jenis dan manfaat berbagai jus buah, pakaian serta buku sebagai salah satu sumber informasi. Semua materi tersebut dikemas melalui cerita seru yang berjudul “Petualangan Toki di negeri Mota”. Selama 3 minggu anak-anak akan diajak berpetualang di negeri Mota bersama tokoh bernama Toki, Lana dan paman Goba. Toki adalah anak laki-laki dari negeri Talo. Di negeri Talo semua orang memakan buah dan sayur setiap harinya. Hari ini ada kejadian aneh di negeri Talo, semua tanaman buah dan sayur membusuk satu persatu. Semua penduduk negeri Talo memetik semua tanaman mereka agar tidak ikut busuk bersama tanaman yang lain. Ayah Toki menyampaikan bahwa Toki mempunyai paman yang bernama paman Goba. Paman Goba adalah tabib tanaman dan bisa membuat berbagai alat yang berguna. Toki dan Ayahnya pun segera pergi ke negeri Mota? Apa yang akan terjadi pada Toki dan Ayahnya? Bagaimanakah petualangan Toki di negeri Mota? Selain itu akan ada kegiatan-kegiatan spesial sepanjang bulan Januari. Di sentra eksplorasi ada kegiatan cooking class membuat nasi orange ala Negeri Mota dan jus jeruk untuk Toki, pada kegiatan seni kreasi anak-anak akan diajak membuat replika gelas jus Lana. Selain kegiatan tersebut, anak-anak pun akan diajak outing class ke BAPUSIPDA (Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat) untuk mengenalkan berbagai buku sebagai kebutuhan bagi pengetahuan anak.

6. Menjelajah Pulau Mola-mola

Pada bulan Februari ini, anak-anak akan diajak untuk lebih mengenal tentang profesi disekitarnya seperti mengenal profesi pedagang, petani dan nelayan. Semua materi tersebut dikemas melalui cerita seru yang berjudul “Menjelajah Pulau Mola Mola”, selama 4 minggu anak-anak akan diajak menjelajah pulau Mola-mola bersama tokoh bernama Wasa, Kola dan Ado. Wasa adalah seorang anak laki-laki berumur 7 tahun. Wasa tinggal di kota bernama Noka. Hari ini Wasa diajak oleh ibu pergi ke pasar, karena tidak ada orang di rumah. Ibu khawatir Wasa bermain sendirian di rumah. Wasa tidak mau ikut ke pasar karena di pasar orang ramai berlalu lalang. Di pasar banyak orang berjualan aneka sayur, buah, beras, ayam, daging dan ikan. Wasa tidak suka bau pasar. Ibu tetap mengajak Wasa pergi ke pasar. Mereka pergi ke pasar dengan menaiki helicak. Di pasar Wasa tersesat dan mencari ibunya, tapi Wasa tidak dapat menemukan ibunya. Hingga Wasa tiba-tiba sampai disuatu tempat. Tempat apakah itu? Apakah Wasa dapat menemukan ibunya kembali. Selain itu, akan ada kegiatan-kegiatan spesial sepanjang bulan Februari, anak-anak pun akan mengikuti berbagai kegiatan menyenangkan, seperti bermain peran menjadi pedagang yang ada di sentra imajinasi, membuat miniatur pasar di pulau Mola-mola di sentra rancang bangun, ada juga kegiatan membuat replika tanaman jagung saat mengenalkan tentang hasil panen seorang petani. Selain kegiatan di sekolah, anak pun diajak outing class ke Little Farmer, dimana anak dikenalkan tentang aneka jenis tanaman, cara menanam, dan cara memanen tanaman wortel.

7. Petualangan Super Lola di Negeri Hijau

Pada bulan maret, anak-anak akan dikenalkan tentang alat komunikasi, yaitu televisi dan komputer melalui cerita berjudul “Petualangan Super Lola di Negeri Hijau” yang menceritakan tokoh bernama Super Lola yang membantu penduduk negeri hijau dari sebuah kejadian aneh. Apa keanehan yang terjadi yah? Melalui tema ini anak-anak juga akan dipantik pengetahuannya tentang bentuk, bagian serta manfaat dari televisi serta komputer. Anak-anak pun akan diajak berkegiatan yang menyenangkan, seperti membuat replika televisi di Negeri Hijau menggunakan dus bekas di sentra seni kreasi. Saat bermain di sentra eksplorasi anak-anak pun bermain peran menjadi seorang reporter televisi. Ada juga kegiatan membuat miniatur meja komputer dengan menggunakan balok-balok di sentra rancang bangun.

8. Misi Penyelamatan Heli dan Pesa

Masih di bulan Maret, anak-anak juga akan mengenal alat transportasi yaitu pesawat dan helikopter melalui cerita “Misi Penyelamatan Heli dan Pesa”. Anak-anak akan mengenal jenis kendaraan, bagian juga manfaatnya bersama tokoh cerita bernama Heli dan Pesa yang membantu penduduk kota Dumdum yang terkena musibah banjir dan longsor. Apa yang terjadi di kota Bonbon? Apakah Heli dan Pesa dapat menolong semua penduduk? Selain cerita yang akan disampaikan tersebut, ada juga kegiatan-kegiatan yang pastinya menyenangkan. Ada kegiatan membuat wayang pilot helikopter dan replika pesawat di sentra seni kreasi. Selanjutnya di sentra rancang bangun anak-anak diajak membuat miniatur bandara kota Dumdum. Outing class kali ini anak-anak diajak ke Bandara Husein, di sana anak-anak akan diajak melihat pesawat terbang dan menaiki pesawat hercules. Tentunya kegiatan tersebut akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan oleh anak.

9. Asyiknya Berlibur di Bukit Sera

Selain itu diakhir bulan Maret anak-anak akan diajak mengenal tentang tema rekreasi. Anak-anak akan diajak berpetualang dengan cerita berjudul “Asyiknya Berlibur di Bukit Sera” bersama tokoh bernama Yosa dan Tara. Yosa yang berkunjung untuk berlibur di rumah Tara yang ada di bukit Sera. Petualangan apa yang akan dialami Yosa dan Tara? Selain cerita tersebut, ada kegiatan menarik yang akan diikuti anak, seperti kegiatan membuat membuat miniatur gunung menggunakan balok di sentra rancang bangun. Untuk sentra imajinasi, anak diajak berkemah di ecogreen dengan menggunakan tenda dan berimajinasi membuat api unggun. Selanjutnya kegiatan sentra seni kreasi membuat miniatur pohon.

10. Menjelajah Istana Ratu Pelangi

Pada bulan April, anak-anak akan diajak mengenal tentang alam semesta, seperti musim kemarau, musim hujan dan pelangi. Anak-anak akan diajak berpetualang dengan cerita berjudul “Menjelajah Istana Ratu Pelangi” bersama tokoh bernama Ano. Ano adalah seorang anak laki-lakianak laki-laki berumur 8 tahun yang tinggal di negeri Poko. Negeri Poko, adalah negeri yang subur. Namun sekarang sudah 4 bulan musim kemarau di negeri Poko. Apa yang akan terjadi dengan negeri Poko? Apakah hujan akhirnya akan turun? Setelah cerita tersebut, akan dilanjutkan kegiatan-kegiatan yang tentunya akan memantik pengetahuan anak tentang musim dan pelangi. Pada kegiatan membuat replika layang-layang dan jas hujan untuk Ano dengan media kantong plastik. Selanjutnya anak-anak juga akan berkegiatan di sentra seni kreasi dengan kegiatan mencetak daun dengan teknik comb painting menggunakan beraneka macam warna. Ada juga kegiatan bermain hujan-hujanan di sentra eksplorasi, dimana anak-anak menggunakan jas hujan dengan media yang telah dibuat untuk mengalirkan air seperti hujan.

11. Petualangan Tiga Pendekar Api

Masih diakhir April, anak akan diajak mengenal tentang api melalui cerita dengan tema “Petualangan Tiga Pendekar Api” bersama tokoh Wus, Wes, dan Was yang tinggal di negeri Api. Mereka selalu ingin menjadi pendekar yang paling hebat. Pendekar Api Wus adalah Api berwarna Hijau, pendekar api Wes berwarna Biru dan pendekar api Was berwarna merah. Sebenarnya pendekar Api Wus sangat senang bila mereka dapat bersama mengalahkan musuh di negeri Api. Demikian juga dengan pendekar Wes dan Was. Hanya mereka tak mau saling jujur mengatakan. Hingga suatu hari, tiba-tiba datang ke negeri Api tetesan air. Banyak Api kecil menjadi menguap dan hilang. Akhirnya pendekar Was menyampaikan bahwa mereka harus bersatu agar bisa mengalahkan tetesan air tersebut? Bagaimana kelanjutan ceritanya? Selain itu, ada juga kegiatan-kegiatan yang akan diikuti anak-anak, seperti membuat topi untuk pemadam kebakaran di sentra seni kreasi. Ada juga kegiatan eksperimen tentang api dimana anak-anak mencoba menyalakan api pada dililin kemudian menutupnya dengan gelas. Apa yang akan terjadi? Tentunya kegiatan ini akan menambah rasa ingin tahu anak. terakhir anak-anak pun diajak mengikuti kegiatan outing class ke Pemadam Kebakaran. Di sana anak-anak akan dikenalkan tentang cara mencegah jika terjadi kebakaran dan mempraktekkan cara memadamkan api dengan pengawasan langsung dari petugas pemadam kebakaran. Anak-anak pun diakhir kegiatan diajak berkeliling menggunakan mobil pemdam kebakaran.

TK B


1. Berpetualang di Negeri Khatulistiwa

Mengawali kegiatan bermain dan belajar pada bulan Juli, selama 7 minggu anak-anak TK B akan mengenal tentang sekolahku, lingkungan rumah, dan budaya Indonesia melalui tema berpetualang di Negeri Khatulistiwa bersama tokoh Usep, yaitu salah satu tokoh yang mencerminkan orang Jawa Barat. Saat mengenal tentang sekolahku, Anak-anak akan diajak bermain di sentra Rancang Bangun dengan menggunakan media balok-balok untuk membuat maket sekolahku. Ketika mengenal lingkungan rumah, Usep akan mengajak anak-anak untuk berimajinasi memerankan tokoh-tokoh penting dalam sekitar rumah, seperti berperan menjadi petugas keamanan, petugas kesehatan, dan sebagainya. Selanjutnya Usep akan mengajak anak-anak untuk mengenal budaya Indonesia melalui kegiatan di sentra-sentra yang menyenangkan, seperti saat di sentra eksplorasi anak-anak diajak membuat peta Indonesia dari media bubur koran dan cooking class makanan khas Jawa Barat yaitu colenak. Selain kegiatan-kegiatan yang dilakukan di sekolah, anak-anak pun akan diajak outing class ke Saung Ujo. Di sana anak-anak mengenal cara pembuatan angklung dengan bahan bambu dan diperdengarkan berbagai lagu daerah yang bisa dimainkan oleh alat musik tersebut. Karena kita tinggal di Jawa Barat, anak-anak pun melihat pertunjukkan khas Jawa Barat, yaitu wayang golek.

2. Ramuan Ajaib untuk Tobi

Selanjutnya di bulan September sampai dengan Oktober, tepatnya selama 6 minggu, keceriaan anak-anak akan terus dilanjutkan dengan kegiatan bermain sambil mengenal ciri-ciri, identitas diri, bagian tubuh beserta fungsi juga cara menjaganya. Anak-anak pun akan dipantik lebih mengenal keluarganya. Materi akan disampaikan melalui cerita berjudul “Ramuan Ajaib untuk Tobi”, yang menceritakan tentang seorang anak kurcaci yaitu Tobi yang tinggal di negeri bernama Kabata. Ia mempunyai teman bernama Frea dan Foke. Suatu hari Tobi memakan jamur yang beracun yang mengakibatkan Tobi sakit. Wah apa yang terjadi dengan Tobi? Dalam petualangan kali ini ada juga tokoh tabib Lobi-lobi yang mengobati sakit Tobi dengan ramuan ajaibnya, Frea dan Foke pun berpetualang mencari ramuan penawar racun buat Tobi. Saat kegiatan berpetualangan ini. anak-anak pun akan ikut berpetualang melaui sentra-sentra menyenangkan, seperti saat di sentra seni kreasi anak-anak akan membuat mainan kesukaanku dengan media barang bekas, di sentra eksplorasi ada kegiatan movie learning tentang proses tumbuh kembang manusia, dan sentra Rancang Bangun dengan membuat replika tubuh dengan menggunakan lego.

3. Berpetualangan di Dasar Laut

Di bulan Oktober, di minggu ke empat belas, saatnya anak-anak mengenal dan mengeksplor hal baru. Kali ini keceriaan anak-anak akan terus dilanjutkan dengan kegiatan bermain sambil mengenal binatang laut, yaitu kerang dan ikan laut. Anak-anak akan dipantik tentang ciri-ciri, jenis, manfaat serta makanan binatang tersebut. Tema binatang kali ini akan dikemas dalam cerita petualangan berjudul “Berpetualang di dasar Laut”. Dalam cerita tersebut menceritakan seorang anak bernama Salma yang diajak berlibur ke pulau Bunaken. Salma diajak berkeliling pulau, diajak ke pasar dan melihat berbagai kreasi kerang. Hingga suatu hari Salma diajak ayah untuk menyelam di laut melihat dari dekat ikan-ikan yang lucu. Salma sebenarnya takut. Wah apa yang terjadi dengan Salma ya? Apakah Salma berhasil menyelam dan melihat keindahan di bawah laut? Selain itu, anak-anak juga akan diajak untuk mengikuti kegiatan yang menyenangkan. Dalam kegiatan di sentra seni kreasi, anak diajak membuat kreasi bentuk undang menggunakan media kertas lipat. Untuk mengenalkan tentang kerang, anak akan diajak berkegiatan di sentra eksplorasi cara membuka kerang. Ada juga kegiatan membuat kalung dari manik-manik yang berbentuk mutiara. Anak-anak pun diajak outing class ke Carrefour untuk diperkenalkan tentang ikan laut.

4. Misteri Kebun Toga Pak Kumis

Keseruan akan kembali tiba di akhir bulan Oktober, anak-anak akan mengeksplor hal baru dengan kegiatan bermain sambil mengenal tentang tanaman obat keluarga atau yang lebih dikenal dengan sebutan tanaman Toga seperti daun sirih, jeruk nipis dan lain sebagainya. Anak-anak akan dipantik tentang jenis, ciri-ciri, bagian serta manfaat dari tanaman toga tersebut. Tema tanaman toga kali ini akan dikemas dalam cerita petualangan berjudul “Misteri Kebun Toga Pak Kumis”. Dalam cerita tersebut menceritakan seorang anak bernama Buma. Buma sedang bersedih karena ibunya sedang sakit dan tidak mempunyai uang untuk berobat. Tetangga Buma menyampaikan bahwa ibu Buma dapat diobati dengan obat tradisional. Buma pun pergi ke kebun toga pak kumis untuk meminta tanaman obat tersebut. Tapi Buma merasa takut, dia jadi ingat sebuah misteri di kebun toga pak kumis. Jalanannya sepi, pagarnya tinggi. Orang di desa semua takut pada pak kumis. Wah, bagaimana kelanjutan ceritanya ya? Anak-anak juga akan diajak untuk mengikuti kegiatan-kegiatan yang menyenangkan, seperti saat di sentra eksplorasi anak-anak mengklasifikasikan berbagai macam daun tanaman obat. Setelah itu anak pun dipantik tentang manfaat dari tanaman obat tersebut. Saat di sentra seni kreasi anak-anak membuat kreasi daun tanaman obat dengan teknik menjahit.

5. Menjelajah Istana Telur Emas

Pada bulan Januari ini, anak-anak akan diajak untuk lebih mengenal tentang Kebutuhanku yaitu telur dan air putih sebagai makanan dan minuman yang menyehatkan. Selain itu anak-anak akan mengenal tentang berbagai macam aksesoris pakaian dan manfaat membaca buku. Semua materi tersebut akan dikemas melalui cerita seru yang berjudul “Menjelajah Istana Telur Emas”. Selama 3 minggu anak-anak akan diajak berpetualang bersama tokoh bernama Raja Mimu, Tote dan Daru. Raja Mimu adalah seorang Raja bijaksana yang suka makan berbagai macam telur. Raja Mimu pun mempunyai sebuah telur emas ajaib. Hingga pada suatu hari anak Raja Mimu sakit dan Tabib istana menyampaikan telur emas adalah obatnya. Namun ternyata telur emas Raja Mimu menghilang bersama jam tangannya. Raja Mimu pun membuat pengumuman kepada semua penduduk negeri Zava bahwa siapapun yang berhasil menemukan telur emas yang hilang akan diberi hadiah. Tote dan Daru mendengar hal tersebut, akhirnya mereka berdua pun ikut menjelajah istana telur emas Raja Mimu untuk mencari telur emas tersebut. Wah apakah telur emas tersebut akan ditemukan? Apakah anak Raja Mimu akan kembali sehat? Siapakah yang akan mendapatkan hadiahnya ya? Selain itu akan ada kegiatan-kegiatan spesial sepanjang bulan Januari. Anak-anak akan diajak untuk mengikuti kegiatan di sentra seni kreasi, yaitu melukis telur dengan menggunakan cat. Ada juga kegiatan cooking class membuat sate telur puyuh untuk Raja Mimu. Kegiatan sentra seni kreasi lain yang menyenangkan adalah menghias botol plastik bekas.

6. Petualangan Duri di Kota JuBe (Jual Beli)

Di bulan Februari ini, anak-anak B akan diajak untuk lebih mengenal tentang profesi disekitarnya, yaitu profesi pedagang, guru dan penjahit. Semua materi tersebut akan dikemas melalui cerita seru yang berjudul “Petualangan Duri di Kota JuBe (Jual Beli)”, selama 4 minggu anak -anak akan diajak berpetualang bersama tokoh bernama Duri. Duri adalah selembar uang dua ribu rupiah. Duri berasal dari sebuah Bank di kota Jube. Duri selembar uang yang bersih dan bagus. Saat keluar dari bank, Duri terasa nyaman berada di dalam dompet berwarna ungu yang di miliki seorang ibu. Ketika sedang berjalan menuju ke rumahnya, tiba-tiba ada orang yang mengambil dompetnya lalu berlari. Ibu itu mengejar sambil berteriak, tapi pencopet itu tidak ditemukan. Pencopet itu membawa dompet ke sebuah gudang kosong. Pencopet mengambil semua uang yang ada di dompet lalu membuang dompetnya. Pencopet itu lalu pulang ke rumah. Ketika sesampainya di rumah, Duri diambil dari dompet, Duri diberikan pada anaknya. Duri dibawa keluar rumah dan diberikan kepada Pak Amar seorang pedagang tahu bulat. Perjalanan apalagi yang akan dilalui oleh Duri? Selain itu akan ada kegiatan-kegiatan spesial sepanjang bulan Februari. Anak-anak akan diajak untuk bermain peran menjadi penjual dan pembeli di sentra imajinasi. Kemudian ada juga kreasi replika troli belanja di sentra seni kreasi. Selanjutnya anak-anak pun diajak membuat maket pasar kota JuBe. Kegiatan outing class pun sudah menunggu anak-anak. anak-anak akan diajak ke Pabrik Baju Mutif. Di sana anak-anak akan dikenalkan mulai dari bahan yang akan digunakan dalam membuat baju, cara membuat pola, cara menjahit dan mengepak hasil baju produksi mutif.

7. Petualangan Ksatria Huruf di Labirin Kaleng

Pada bulan maret, Anak-anak akan dikenalkan tentang alat komunikasi, yaitu majalah dan koran melalui cerita berjudul “Petualangan Ksatria Huruf di Labirin Kaleng” yang menceritakan tokoh bernama Ksatria Huruf yang membantu penduduk negeri literasi dari sebuah kejadian aneh. Apa keanehan yang terjadi yah? Melalui tema ini juga anak-anak akan dipantik pengetahuannya tentang bentuk, bagian serta manfaat dari majalah serta koran. Selanjutnya anak-anak pun akan diajak langsung melihat distributor koran. Selain itu kegiatan yang akan dilakukan anak-anak tentunya menyenangkan. Anak-anak akan diajak membuat hiasan dari bubur koran di sentra eksplorasi. Selanjutnya, di sentra seni kreasi anak-anak pun akan membuat replika rompi dan topi dari koran. Ada pula kegiatan membuat kreasi kipas negeri Literasi. Kegiatan di rancang bangun, anak-anak akan membuat miniatur pabrik koran negeri Literasi.

8. Misi Penyelamatan Kapten Dexa di Kapal Amora

Masih di bulan Maret, anak-anak juga akan mengenal alat transportasi yaitu kapal laut dan perahu . Melalui cerita “Misi Penyelamatan Kapten Dexa di Kapal Amora”. Anak-anak akan mengenal jenis kendaraan kapal laut dan perahu, bagian juga manfaatnya bersama tokoh cerita bernama Kipa dan ayahnya bernama kapten Dexa. Kipa diajak ayahnya menaiki kapal laut pesiar. Kipa senang sekali. Namun tiba-tiba ada kejadian yang menimpa kapal amora, ada seorang bapak membawa bom. Apa yang terjadi dengan kapal amora? Apakah Kipa dan kapten Dexa berhasil menyelamatkan semua penumpang kapal? Melalui cerita tersebut, anak-anak juga akan mengikuti kegiatan di sentra rancang bangun membuat maket dermaga pelabuhan Sadu. Ada juga kegiatan melukis kapal amora di sentra seni kreasi. Kegiatan di sentra eksplorasi ada kegiatan membuat perahu apung.

9. Serunya Berlibur di Desa Tui

Keseruan masih akan berlanjut di bulan Maret. Anak-anak akan dikenalkan tentang tempat rekreasi di kota dan desa melalui cerita berjudul “Serunya Berlibur di Desa Tui” bersama tokoh Puma. Puma adalah anak berumur 6 tahun. Ia tinggal di kota Reka. Ayah Puma mendapatkan tugas ke luar kota selama 2 hari jadi Puma akan diajak berlibur oleh ibu ke rumah Oma di desa Tui. Ada apa saja di desa Tui? Apa saja yang dilakukan Puma di desa Tui? Selain itu, anak-anak juga akan diajak berkegiatan di sentra rancang bangun membuat miniature delman desa tui. Di sentra eksplorasi ada kegiatan cooking class membuat lele goreng kesukaan Puma. Ada juga kegiatan membuat anyaman daun pisang untuk Oma.

10. Petualangan Puki di gunung Nemuro

Di bulan April, keseruan lainnya terus berlanjut. Melalui cerita berjudul “Petualangan Puki di Gunung Nemuro”, anak-anak akan diperkenalkan tentang alam semesta, seperti banjir, gempa, dan gunung berapi. Bersama tokoh Puki anak-anak diajak berpetualang ke Kota Saga, di sana terjadi banjir yang diakibatkan sampah yang menumpuk diselokan. Selain itu, Puki pun mengajak anak-anak melihat keindahan gunung Nemuro. Tiba-tiba saat berada dipuncak gunung Nemuro terjadi gempa. Apa yang akan terjadi dengan Puki? Selain cerita tersebut, akan ada kegiatan seru lainnya. Di sentra eksplorasi ada kegiatan movie learning mengenai banjir. Selanjutnya di sentra seni kreasi, ada kegiatan membuat replika keranjang sampah di gunung Nemuro. Anak-anak juga akan diajak melakukan simulasi gempa di gunung Nemuro dan percobaan gunung meletus.

11. Misteri Kincir Angin Hula

Keseruan akan kembali tiba di akhir bulan April, anak-anak akan mengeksplor hal baru dengan kegiatan bermain sambil mengenal tentang udara. Anak-anak akan dipantik tentang jenis, ciri-ciri, bagian serta manfaat dari tanaman toga tersebut. Tema tanaman toga kali ini akan dikemas dalam cerita petualangan berjudul “Misteri Kincir Angin Hula”. Dalam cerita tersebut menceritakan tokoh Hula yang tinggal di negeri Waku-waku. Hula tinggal bersama Ayah dan ibunya. Rumah Hula disebelah sungai negeri waku-waku. Ayah Hula adalah salah satu penduduk di negeri waku waku yang bekerja membuat balon udara. Balon udara di negeri waku waku adalah alat transportasi penduduk waku waku bila akan bepergian. Anak-anak di negeri waku waku senang bermain layang-layang di siang hari. Pada suatu hari, anak-anak bersedih karena angin tak kunjung datang. Keesokan harinya pun demikian. angin tak kunjung datang. Hingga sudah sebulan lamanya. Anak-anak di negeri Waku waku hanya berdiam di rumah tidak bermain. Hula sangat bersedih karena tidak bisa bermain. Kira-kira apa yang akan terjadi selanjutnya? Apakah angin akan datang kembali ke negeri Waku waku? Cerita tersebut tentunya akan diikuti kegiatan-kegiatan yang menarik untuk anak, seperti kreasi kincir angin Hula dan membuat kreasi balon udara di sentra seni kreasi. Di sentra eksplorasi anak-anak pun diajak bermain layang-layang.

 

Instagram Facebook Twitter Youtube
Copyright © 2017. TK ASSALAAM All rights reserved.