• Kurikulum


    Kurikulum

Kurikulum Playgroup

Program pembelajaran di playgroup Assalaam merupakan proses interaksi antara pendidik dengan anak melalui kegiatan bermain pada lingkungan belajar yang aman dan menyenangkan dengan menggunakan berbagai sumber belajar. Konsep pembelajaran yang dilaksanakan adalah pembelajaran yang berpusat pada anak melalui pendekatan saintifik yang mencakup rangkaian proses mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengomunikasikan. Keseluruhan proses tersebut dilakukan dengan menggunakan seluruh indera serta berbagai sumber dan media pembelajaran.

Pembelajaran yang dilakukan memakai prinsip pendidikan anak usia dini yaitu :

1. Belajar melalui bermain Anak di bawah usia 6 tahun berada pada masa bermain. Pemberian rangsangan pendidikan dengan cara yang tepat melalui bermain, dapat memberikan pembelajaran yang bermakna pada anak.

2. Berorientasi pada perkembangan anak Pendidik harus mampu mengembangkan semua aspek perkembangan sesuai dengan tahapan usia anak.

3. Berorientasi pada kebutuhan anak Pendidik harus mampu memberi rangsangan pendidikan atau stimulasi sesuai dengan kebutuhan anak, termasuk anak-anak yang mempunyai kebutuhan khusus.

4. Berpusat pada anak sehingga menciptakan suasana yang bisa mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi, dan kemandirian sesuai dengan karakteristik, minat, potensi, tingkat perkembangan, dan kebutuhan anak.

5. Pembelajaran aktif Pendidik harus mampu menciptakan suasana yang mendorong anak aktif mencari, menemukan, menentukan pilihan, mengemukakan pendapat, dan melakukan serta mengalami sendiri.

6. Berorientasi pada pengembangan nilai-nilai karakter Pemberian rangsangan pendidikan diarahkan untuk mengembangkan nilai-nilai yang membentuk karakter yang positif pada anak. Pengembangan nilai-nilai karakter tidak dengan pembelajaran langsung, akan tetapi melalui pembelajaran untuk mengembangkan kompetensi pengetahuan dan keterampilan serta melalui pembiasaan dan keteladanan.

7. Berorientasi pada pengembangan kecakapan hidup Pemberian rangsangan pendidikan diarahkan untuk mengembangkan kemandirian anak. Pengembangan kecakapan hidup dilakukan secara terpadu baik melalui pembelajaran untuk mengembangkan kompetensi pengetahuan dan keterampilan maupun melalui pembiasaan dan keteladanan.

8. Didukung oleh lingkungan yang kondusif Lingkungan pembelajaran diciptakan sedemikian rupa agar menarik, menyenangkan, aman, dan nyaman bagi anak. Penataan ruang diatur agar anak dapat berinteraksi dengan pendidik, pengasuh, dan anak lain.

9. Berorientasi pada pembelajaran yang demokratis Pembelajaran yang demokratis sangat diperlukan untuk mengembangkan rasa saling menghargai antara anak dengan pendidik, dan antara anak dengan anak lain.

10. Pemanfaatan media belajar, sumber belajar, dan narasumber Penggunaan media belajar, sumber belajar, dan narasumber yang ada di lingkungan PG Assalaam bertujuan agar pembelajaran lebih kontekstual dan bermakna. Termasuk narasumber adalah orang-orang dengan profesi tertentu yang dilibatkan sesuai dengan tema, misalnya dokter, polisi, nelayan, dan petugas pemadam kebakaran.

Lingkup pembelajaran Lingkup pembelajaran meliputi seluruh Kompetensi Dasar yang memadukan semua program pengembangan yaitu :


Nilai agama dan moral

Fisik-motorik

Kognitif


Bahasa

Sosial- emosional

Seni


Penyampaian materi disajikan dalam bentuk cerita petualangan yang menarik serta wayang tokoh yang dapat memantik anak mempelajari hal baru disetiap harinya. Tema- tersebut adalah ;


1. Negeri 5 Kurcaci

Mengawali kegiatan bermain dan belajar pada bulan Juli, selama 7 minggu anak-anak PG Assalaam akan mengenal tentang lingkungan sekolah, rumah, dan bendera negara Indonesia. Materi tersebut akan disampaikan melalui tema “Negeri 5 Kurcaci”. Dalam cerita tersebut menceritakan tokoh Bebe yang tinggal di Negeri 5 Kurcaci. Pada suatu hari Bebe dan ayahnya mendapati pintu rumah mereka hilang. Di bawah bekas pintu hanya ada serbuk bambu saja. Ayah Bebe segera pergi ke rumah kepala suku kurcaci melaporkan pintu rumah yang hilang. Keesokkan harinya Ibu Bebe yang berteriak kaget ketika bangun pagi. Jendela rumah Bebe pun ikut menghilang. Banyak serbuk bambu di sekitar bawah jendela. Bebe dan Ayah segera melapor kembali ke kepala suku kurcaci. Sebenarnya apa yang terjadi? Siapa yang mencuri pintu dan jendela rumah Bebe? Selain kegiatan tersebut anak pun akan diajak untuk berkegiatan di seni kreasi meronce hiasan kelas. Ada juga kegiatan menanam dan mewarnai tanaman di sekolah saat sentra eksplorasi. Saat sentra imajinasi anak akan bermain peran tentang keluarga. Tidak lupa juga kegiatan outing class ke Taman LOVE “Balaikota Bandung”.

2. Kisah Nono dan Roka

Bulan September sampai dengan Oktober, tepatnya selama 6 minggu, keceriaan anak-anak akan terus dilanjutkan dengan kegiatan bermain sambil mengenal bagian-bagian tubuh, yang diawali dari bagian dan fungsi dari kepala, badan, tangan, kaki beserta cara membersihkannya dan juga mengenal tentang keluarga. Materi akan disampaikan dengan tema cerita “Kisah Nono dan Roka” yang menceritakan tentang tokoh kembar bernama Nono dan Roka, mereka adalah anak-anak yang saling menyayangi hingga suatu hari ada sesuatu yang terjadi. Roka sakit panas, mata Roka berwarna merah, wajah dan hidung Roka berbintik merah, telinga Roka pun sakit. Kira-kira apa yang terjadi dengan Roka? Selain diajak bercerita anak pun akan mengikuti kegiatan-kegiatan seru. Anak-anak akan membuat bangunan kesukaanmu di sentra rancang bangun. Di sentra seni kreasi anak akan membuat marakas buatanku. Tidak lupa pula anak akan diajak untuk mengikuti kegiatan cooking class membuat bola-bola coklat kesukaanku di sentra eksplorasi. Pada bulan ini pun anak-anak akan dikunjungi seorang tamu istimewa (guess teacher) yang akan hadir di kelas mereka, yaitu salah satu orang tua anak sendiri yang akan memberikan materi terkait materi di bulan September. Outing class pun akan dilaksanakan pada bukan ini, kali ini anak-anak akan mengunjungi panti asuhan bayi sehat.

3. Petualangan Rong Rong di Peternakan Oji

Di bulan Oktober, di minggu ke empat belas, saatnya anak-anak mengenal dan mengeksplor hal baru. Kali ini keceriaan anak-anak akan dilanjutkan dengan kegiatan bermain sambil mengenal binatang, yaitu kucing dan kelinci. Anak-anak akan dipantik tentang ciri-ciri, jenis serta makanan binatang tersebut. Tema binatang kali ini akan dikemas dalam cerita petualangan berjudul “Petualangan Rong Rong di Peternakan Oji”. Dalam cerita tersebut menceritakan seekor kucing bernama Rong Rong yang berada di peternakan Oji. Pada suatu hari ketika bangun dari tidurnya, Rong Rong merasa lapar. Rong Rong mencari peternak Oji di dalam rumahnya, tetapi tidak ditemukan. Akhirnya Rong Rong mencari peternak Oji berkeliling peternakan, disinilah petualangan Rong Rong dimulai. Rong Rong bertemu dengan kelinci dan burung. Wah apa yang terjadi dengan Rong Rong ya? Apakah Rong Rong berhasil menemukan peternak Oji? Anak-anak pun akan diajak berkegiatan di sentra-sentra yang menyenangkan. Di sentra rancang bangun anak-anak akan membuat tempat tinggal (kandang) untuk Rong Rong. Selanjutnya kegiatan mencari dan mengumpulkan makanan untuk kelinci di sentra eksplorasi. Di sentra kreasi anak-anak akan diajak membuat topeng keinci dan membuat replika burung dengan media playdough.

4. Lebah Taman Bunga

Keseruan akan kembali tiba di akhir bulan Oktober, anak-anak pun akan mengeksplor hal baru dengan kegiatan bermain sambil mengenal tentang tanaman, yaitu tanaman hias. Anak-anak akan dipantik tentang ciri-ciri, bagian serta manfaat dari tanaman hias tersebut. Tema Tanaman kali ini akan dikemas dalam cerita petualangan berjudul “Lebah Taman Bunga”. Dalam cerita tersebut menceritakan seekor lebah yang bernama Ama mencari adiknya yang hilang bernama Omo. Ama mencari berkeliling taman, tapi Omo tidak ditemukan juga. Ama mencari ke tempat tanaman yang berdaun aneka bentuk, Omo tak ditemukan. Akhirnya Ama pergi mencari ke tempat bunga-bunga yang sedang berkembang. Wah apa yang terjadi dengan Omo ya? Apakah Ama berhasil menemukan adiknya? Dan bagaimana ya akhir ceritanya? Kegiatan-kegiatan seru pun sudah menunggu anak-anak. Anak-anak akan diajak mencap dengan media tanaman di sentra seni kreasi. ada juga kegiatan membuat tanaman hias dari playdough.

5. Petualangan Caca di Negeri BuSa (Buah dan Sayur)

Pada bulan Januari ini, anak-anak akan diajak untuk lebih mengenal tentang kebutuhanku melalui cerita seru yang berjudul “Petualangan Caca di negeri BuSa (Buah Sayur)”, selama 3 minggu anak-anak akan diajak berpetualang bersama tokoh bernama Caca, Brokoli dan Apel. Caca adalah seorang anak yang tidak suka makan buah dan sayuran. Ibu Caca selalu menyiapkan aneka sayur dan buah tapi Caca tidak mau memakannya. Hingga pada suatu hari, ketika Caca terbangun. Caca kaget karena berada di bawah pohon apel, Caca di dikejar-kejar oleh berbagai sayuran dan buah-buahan dan memanggil-manggil nama Caca. Hingga tiba-tiba ada brokoli yang memanggil Caca dari balik dedaunan. Wah apa yang terjadi pada Caca? Apakah Caca akan selamat? Bagaimana petualangan Caca di negeri Busa selanjutnya? Melalui cerita tersebut anak-anak akan ada kegiatan-kegiatan spesial sepanjang bulan Januari. Anak-anak akan mengikuti kegiatan eksplorasi mengenai buah dan sayur dengan cara mengelompokkannya. Ada juga kegiatan seni kreasi melipat bentuk wortel. Untuk kegiatan cooking class, anak-anak akandiajak membuat es sarang bung untuk Caca.

6. Menjelajah Kota Tala

Pada bulan Februari ini, anak-anak akan diajak untuk lebih mengenal tentang Profesi yaitu profesi pedagang, dokter dan polisi melalui cerita seru yang berjudul “Menjelajah Kota Tala”, selama 4 minggu anak-anak akan diajak berpetualang bersama tokoh bernama Boba dan Kana. Boba seorang anak laki-laki berusia 4 tahun. Boba tinggal di desa dekat hutan. Setiap bulan ayah Boba pergi ke pasar di kota Tala untuk membeli kebutuhan rumah. Hari ini Boba senang sekali karena sebagai hadiah ulang tahunnya, Boba boleh ikut ke kota Tala . Boba akan bertemu dengan Kana saudaranya yang tinggal di kota Tala, ibu Kana pembuat ice cream coklat kesukaannya. Setelah satu hari perjalanan naik kereta kuda, tibalah Boba di kota Tala. Apa yang akan terjadi pada Boba di kota Tala? Petualangan seru apa yang akan terjadi? Melalui cerita tersebut anak-anak akan ada kegiatan-kegiatan spesial sepanjang bulan Februari, seperti kegiatan eksplorasi anak-anak akan diajak cooking class membuat dinat untuk Boba. Di sentra seni kreasi anak-anak diajak membuat alat musik untuk Boba. Anak-anak pun akan diajak dramatisasi bermain telpon di sentra imajinasi. Untu kegiatan outing class, anak-anak akan berkunjung ke klinik gigi. Anak-anak akan lebih mengenal tentang peralatan seorang dokter.

7. Dimana Ayah ?

Pada bulan Maret anak-anak akan dikenalkan tentang alat komunikasi, yaitu telepon rumah dan telepon selular melalui cerita berjudul “Dimana Ayah?” yang menceritakan tokoh bernama Salma yang sedang menunggu ayahnya pulang membawa hadiah tapi tak kunjung tiba. Apa yang terjadi dengan ayah Salma? Apakah Salma bertemu dengan Ayahnya? Dalam menceritakan cerita anak-anak juga akan dipantik pengetahuannya tentang bentuk, bagian, warna serta manfaat telepon rumah dan telepon selular. Anak-anak pun akan diajak akan membuat aneka kreasi dan mengeksplor aneka telepon. Salah atu kegiatannya saat anak-anak diajak membuat replika telepon Salma. Di sentra imajinasi anak-anak akan bermain peran menjadi pedagang di pasar kota Tala. Tidak lupa kegiatan outing class pergi ke Taman Lalu Lintas.

8. Parade Musik di Kota Bon bon ?

Masih di bulan Maret, anak-anak akan mengenal alat transportasi yaitu mobil dan motor melalui cerita “Parade Musik di kota Bonbon”. Anak-anak akan mengenal jenis kendaraan mobil, motor, bagian juga manfaatnya bersama tokoh cerita anak kelinci bernama Lili dan Lolo yang ingin mengikuti parade musik yang menyenangkan. Apakah Lili dan Lolo berhasil, siapakah pemenang dalam parade musik tersebut? Pada tema kali ini anak-anak akan diajak berkegiatan di sentra rancang bangun membuat mobil di kota Bonbon. Ada juga kegiatan mencuci motor Lolo saat di sentra eksplorasi. Untuk kegiatan di sentra seni kreasi, anak-anak akan diajak membuat wayang binatang kesayanganku.

9. Ketika Gasa Sakit Gigi

Selain itu diakhir bulan Maret anak-anak akan diajak mengenal tentang tema rekreasi melalui cerita berjudul “Ketika Gasa Sakit Gigi”, melalui cerita tersebut anak-anak akan diajak berekreasi ke kebun binatang untuk mengenal berbagai jenis hewan dan tentunya berkeliling kebun binatang. Saat tema rekreasi anak-anak akan mendengarkan cerita tentang seekor anak gajah yang sedang sakit gigi bernama Gasa. Waduh, kenapa Gasa bisa sakit gigi ya? apakah ada yang bisa membantu Gasa? Bagaimana kelanjutan cerita Gasa? Keseruan tidak berhenti sampai di sana, anak-anak pun akan diajak berkegiatan membuat duplikat kandang untuk Gasa di sentra rancang bangun. Di sentra eksplorasi anak-anak akan berkegiatan cooking class membuat bento lezat.

10. Petualangan di Kerajaan Awan

Mengawali kegiatan bermain dan belajar pada bulan April, anak-anak akan mengenal tentang alam semesta melalui tema “Petualangan di Negeri Awan” bersama tokoh Putri Cika, Matahari, Bulan, dan Bintang. Suatu hari di kerajaan awan. Putri Cika senang sekali melihat matahari bersinar menerangi seluruh kerajaan awan. Kerajaan awan menjadi hangat dan terang. Tiba-tiba sebuah angin besar membawa awan hitam yang sangat besar hingga menutupi cahaya matahari. Kerajaan awan menjadi gelap tidak ada cahaya. Putri Cika bersedih, Putri Cika lalu berkeliling kerajaan awan memakai sinar dari botol berisi kunang-kunang. Putri Cika mencari tahu bagaimana caranya awan hitam agar tidak menutupi kerajaan awan. Bagaimana kelanjutan ceritanya? Apakah Putri Cika berhasil membuat awan hitam menghilang dari kerajaan awan? Selanjutnya kegiatan akan berlangsung melalui sentra-sentra yang tentunya menyenangkan. Anak-anak akan diajak menanam tanaman tauge untuk Putri Cika di sentra eksplorasi. Di sentra seni kreasi anak-anak akan berkegiatan mencap bentuk matahari dan membuat alat teropong bintang. Untuk kegiatan imajinasi, anak-anak akan bermain peran berkembah di Kerajaan Awan.

 

Instagram Facebook Twitter Youtube
Copyright © 2017. TK ASSALAAM All rights reserved.