Praktek Pembiasaan Ibadah

Praktek Pembiasaan Ibadah

09/10/2017

Ayah bunda..


Anak adalah amanah yang diberikan Allah kepada orang tua. Sangat dalam sekali makna yang terkandung dalam kalimat tersebut, karena menunjukkan besarnya tanggungjawab orangtua terhadap anak. Dalam agama islam, orang tua ditekankan untuk mampu menjaga fitrah yang telah dibawa anak sejak lahir. Bukan hanya memenuhi kebutuhan sandang dan pangannya saja.

 

Dalam sebuah hadist, Rasulullah pernah bersabda:


Dai Ibnu ‘Arm bin al-‘Ash ia berkata: Rasulullah SAW telah bersabda: Perintahkanlah anak-anakmu untuk shalat saat mereka berusia tujuh tahun dan pukulah mereka (jika tidak melaksanakan shalat) saat usia mereka sepuluh tahun. Dan pisahkanlah tempat tidurnya (HR. Abu Daud).


Ayah bunda, dari hadist di atas dapat kita ketahui bahwa kita sebagai orang tua mempunyai kewajiban untuk membiasakan anak dalam beribadah. Rasulullah SAW telah memberikan pengajaran bagaimana tahapan yang harus dilalui orangtua dalam mendidik dan membiasakan anak untuk taat melaksanakan berbagai ritual ibadah sebagai manifestasi taqwa.

Ibadah shalat merupakan amalan ibadah yang akan pertama kali dihisab di Yaumul Akhir. Oleh karena itu, dalam hadist di atas Rasulullah memberikan pengajaran ibadah shalat sebagai hal yang utama dan itu berlaku pula untuk jenis ibadah wajib lainnya seperti puasa dan zakat.

Pada anak usia dini, tahapan yang dilakukan orangtua dalam mendidik dan membiasakan ibadah kepada anak adalah tahap pengenalan. Di usia TK, Syamsu Yusuf (2001) menjelaskan bahwa kesadaran beragama anak ditandai dengan sikap yang reseptif (menerima) meskipun banyak bertanya. Oleh karena itu, pada masa ini mulailah mengajak anak untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan ibadah.

Dalam hal mengajarkan pembiasaan ibadah kepada anak, TK Assalaam menerapkan praktek pembiasaan ibadah yang konsisten dilakukan setiap harinya. Salah satunya adalah pembiasaan wudhu dan praktek shalat zhuhur. Melalui pembiasaan praktek wudhu dan shalat yang dilakukan setiap hari, secara tidak langsung anak mengenal cara-cara berwudhu, mengenal gerakan shalat serta mengenal bacaan shalat. Dari pembiasaan praktek ibadah tersebut, diharapkan anak akan terbiasa dengan ibadah yang wajib dilakukan tanpa ia merasa terbebani.

Dalam tahap memberikan pengenalan ibadah kepada anak, satu faktor yang diutamakan adalah memberikan kesan positif terhadap pelaksanaan ibadah. Dengan demikian diharapkan anak akan mencintai kegiatan ibadah dan dapat termotivasi melaksanakan ibadah karena kesadaran yang muncul darinya.

Bersama TK Assalaam, mari kita biasakan anak kita melaksanakan kegiatan ibadah sejak dini!

 

Share to:

 

Artikel Lain

Instagram Facebook Twitter Youtube
Copyright © 2017. TK ASSALAAM All rights reserved.