Pentingnya Pendidikan Agama

Pentingnya Pendidikan Agama

24/08/2017

Ayah Bunda..


Pendidikan ananda sangatlah penting untuk kita perhatikan. Ananda merupakan generasi penurus bangsa juga agama. Kita sebagai orangtua harus selalu membekali mereka dengan ilmu yang dapat menjadi bekal untuk dewasa nanti. Pendidikan yang diberikan untuk ananda pun harus seimbang antara pendidikan umum dan pendidikan agamanya. Pendidikan agama merupakan pedoman dasar untuk ananda.

 

Ketika ananda sudah kita bekali dengan ilmu agama, ia akan mengaplikasikan pendidikan agama dalam segala bidang sehingga apapun yang dikerjakan oleh ananda akan selalu dalam batasan etika dan norma-norma yang berlaku di masyarakat, selain itu ananda juga dapat memahami hakikat manusia sehingga langkah maupun perilaku tak akan bebas karena ia sadar apa yang dilakukan di dunia nanti akan di pertanggung jawabkan di akhirat.


Sudah menjadi tanggung jawab kita sebagai orang tua untuk membekali anak kita dengan pendidikan agama. Menanamkan pendidikan agama bagi anak-anak harus dilakukan sedini mungkin. Tentu saja, memberikan arahan kepada anak di usia dini bukanlah hal yang mudah tetapi bukan perkara yang sulit juga. Dalam memberikan arahan sebaiknya kita bersikap bijak tanpa harus menggurui, namun penuh kasih layaknya sahabat yang saling berdiskusi.


Dalam mendidik anak, kita dapat banyak mengambil pelajaran pada seorang Bapak bernama Luqmanul Hakim. Banyak sekali nasihat-nasihatnya yang penuh hikmah. Bukan sekadar pesan, namun nasihatnya merupakan pendidikan seorang bapak terhadap anaknya yang penuh dengan kasih sayang serta ajaran tentang akidah dan akhlak, iapun selalu selalu menasihati anaknya dengan petuah-petuah agar anaknya berada dalam jalan lurus. Luqman mengajari anaknya tentang iman dan juga akhlakul karimah. Karena keteladanannya dalam mendidik anak itu pula, Allah mengabadikan namanya dalam Alquran, yakni Surah Luqman. 


Ada enam hal penting yang disampaikan Luqman kepada anaknya. Pertama, larangan mempersekutukan Allah. (QS Luqman: 13). Kedua, berbuat baik kepada dua orang ibu-bapak. (QS Luqman: 14). Ketiga, sadar terhadap pengawasan Allah. (QS Luqman: 16). Keempat, mendirikan shalat, 'amar makruf nahi mungkar, dan sabar dalam menghadapi persoalan. (QS Luqman: 17). Kelima, larangan sombong dan membanggakan diri (QS Luqman: 18). Dan keenam, bersikap sederhana dan bersuara rendah (QS Luqman: 19).

 

Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: “Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, Sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar”. (QS. Luqman :13).
Ayah bunda, dari sedikit cerita tentang Luqmanul Hakim diatas dapat kita ambil pelajaran bahwa menanamkan pendidikan agama pada anak sangatlah penting. Luqman yang dikenal sebagai seorang yang hikmat dan sangat peduli dengan pendidikan anaknnya dapat kita jadikan suri tauladan dalam hal mendidik anak-anak kita.

Ayo ayah bunda, mulai dari sekarang kita bangkitkan kembali semangat Luqman dalam diri kita dalam hal mendidik anak, dengan begitu semoga anak-anak kita menjadia anak-anak cerdas, sholeh, dan berakhlak mulia.

Share to:

 

Artikel Lain

Instagram Facebook Twitter Youtube
Copyright © 2017. TK ASSALAAM All rights reserved.